Jumat, 13 Juli 2012

Madrasah Ramadhan; berguru pada Ilahi di bulan suci

Kajian Pertama: Ibadah, definisi ibadah, macam-macam ibadah, makna ibadah dalam Al-Quran, hakikat, rukun & kaidah-kaidah ibadah


بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله الذي بنعمته تتم الصالحات. أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له و أشهد  أن محمدا عبده و رسوله.
كما قد عرفنا أن رمضان فيه فضائل لأن فيه الصوم و صلاة التراويح و ليلة القدر و غيرها من العبادات المشروعيات فيه. و لذلك لا بد علينا أن نستعد و ندرس علما كثيرا يتعلق بهذا الشهر المبارك. و من هذا الاختيار قد ألفت هذه المذكرة التي سميتها رسالة عبادة في رمضان، فيها مباحيث و مسائل التي تتعلق بالعبادة في شهر رمضان.
ولا شك أن هذه المذكرة لم تكن كاملة ولم تخلو من النقائص والأخطاء الموجودة فيها. فما زلنا منتظرا إلى الاقتراحات والانتقادات لكي تكون هذه المذكرة كاملة إن شاء الله.
اللهم تقبل منا إنك أنت السميع العليم
Muqaddimah
Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang

            Segala puji bagi Allah yang dengan nikmatnya sempurnalah keshalihan, aku bersaksi bahwa tiada Ilah selain Allah yang maha tunggal, tidak ada serikat bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba serta utusan-Nya.
            Sebagaimana kita ketahui, dalam bulan suci Ramadhan terdapat berbagai fadilah, karena pada bulan Ramadhan terdapat shaum, shalat tarawih, lailatul qadr dan berbagai ibadah yang disyari’atkan di bulan tersebut. Oleh karenanya kita mesti mempersiapkan dan mengkaji banyak ilmu yang berkaitan dengan bulan penuh berkah ini. Diantara ikhtiar yang kami lakukan yakni menyusun catatan ini yang kemudian kami sebut dengan ‘Risalah ibadah fii Ramadhan’, membahas berbagai tema serta permasalahan yang berkaitan dengan Ramadhan.
            Tidak dapat dipungkiri bahwa catatan ini tidak terlepas dari kekurangan dan kesalahan, kami akan senantiasa menanti koreksi dan kritik demi sempurnanya catatan ini, insyaallah.
ya Allah terimalah ibadah kami, sungguh Engkaulah yang maha mendengar lagi maha mengetahui


العبادة
قال الله تعالى:
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ[1]
وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاءَ وَيُقِيمُوا الصَّلَاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ وَذَلِكَ دِينُ الْقَيِّمَةِ[2]
 Allah SWT berfirman:

“Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia kecuali hanya untuk beribadah kepada-Ku.” (Adz-Dzariyat: 56)

“dan mereka tidak diperintahkan melainkan untuk menyembah Allah dengan ikhlas mentaati-Nya semata-mata karena menjalankan agama, dan mendirikan shalat serta menunaikan zakat, demikian itulah agama yang lurus." (Al-Bayyinah: 5)

تعريف العبادة:
العبادة لغة: مصدر عبد يعبد عبادة أي أطاع وهذا المصدر مأخوذ من مادّة (ع ب د) الّتي تدلّ على معنيين: الأوّل لين وذلّ، والآخر شدّة وغلظ
واصطلاحا: العبادة هي طاعة الله با متثال ما أمر الله به على ألسنة الرسل. و قيل: اسم جامع لكلّ ما يحبّه اللّه ويرضاه من الأقوال والأعمال الباطنة والظّاهرة. وقيل: عبادة اللّه: طاعته بفعل المأمور وترك المحذور.
definisi ibadah:
secara bahasa: ibadah merupakan masdar dari kata عبد يعبد عبادة yang berarti mentaati, masdar ini berasal dari akar kata (ع ب د) yang memiliki dua arti; 1) lembut dan tunduk, 2) keras.
secara istilah:
- ibadah berarti mentaati Allah dengan cara menjalankan perintah-Nya melalui lisan para Rasul. (Ibnu Taimiyah)
-ibadah merupakan nama yang mencakup segala hal yang Allah cintai dan ridoi, baik berupa perkataan ataupun perbuatan yang nampak maupun yang tersembunyi. (fathul majid: 14)
-ibadah kepada Allah adalah mentaati-Nya mengar mengerjakan yang perintah dan meninggalkan larangan. (Ibnul Qayyim)

أقسام العبادة
قال الرّاغب: العبادة ضربان:
١- عبادة بالتّسخير: وهي للإنسان والحيوانات والنّبات.
٢- عبادة بالاختيار: وهي لذوي النّطق، وهي المأمور بها في قوله سبحانه يا أَيُّهَا النَّاسُ اعْبُدُوا رَبَّكُمُ (البقرة/ ٢١).[3]
macam-macam ibadah
menurut Ar-Raghib, terdapat dua macam ibadah:
-ibadah bit taskhir (ibadah dengan tunduk); yakni ibadahnya manusia, binatang dan tumbuhan
-ibadah bil ikhtiyar (ibadah dengan usaha/ikhtiyar): yakni ibadah untuk yang berakal, inilah ibadah yang diperintahkan Allah dalam firmannya: "wahai manusia beribadahlah kalian semua pada Tuhanmu." (Al-Baqarah: 21)

من معاني كلمة «العبادة» في القرآن الكريم:
ذكر أهل التّفسير أنّ العبادة في القرآن على وجهين: أحدهما: التّوحيد. ومنه قوله تعالى في سورة النّساء: (وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئاً (النساء/ ٣٦) أي وحّدوه.
 والثّاني: الطّاعة. ومنه قوله تعالى في يس: أَنْ لا تَعْبُدُوا الشَّيْطانَ (يس/ ٦٠)، وفي سبأ: أَهؤُلاءِ إِيَّاكُمْ كانُوا يَعْبُدُونَ (سبأ/ ٤٠)[4].
makna kata 'ibadah' dalam Al-Quran
para mufassir menyebutkan bahwa terdapat dua makna ibadah dalam Al-Quran;
pertama, ibadah bermakna tauhid, dalam surat An-Nisa: 36: "dan sembahlah Allah dan janganlah menyekutukan-Nya dengan sesuatupun."
kedua: taat, firman-Nya dalam surat yasin: 60: "bahwa kalian tidak menyembah syetan." dan surat Saba: 40: " apakah mereka menyembah kepadamu?."

حقيقة العبادة:
قال القرطبيّ- رحمه اللّه-: أصل العبادة:
التّذلّل والخضوع، وسمّيت وظائف الشّرع على المكلّفين عبادات؛ لأنّهم يلتزمونها ويفعلونها خاضعين متذلّلين للّه تعالى[5].
hakikat ibadah
Al-Qurtubi rahimahullah berkata: asal pokok ibadah adalah tunduk dan patuh, tugas-tugas syar'i yang dibebankan terhadap hamba aku namai ibadah, karena mereka mengharuskannya dan melaksanakannya dengan tunduk kepada Allah SWT.

أركان العبادة:
ويقول ابن القيّم: «العبادة تجمع أصلين: غاية الحبّ وغاية الذّلّ والخضوع. فمن أحببته ولم تكن خاضعا له لم تكن عابدا له، ومن خضعت له بلا محبّة لم تكن عابدا له حتّى تكون محبّا خاضعا.[6]
rukun-rukun ibadah
Ibnul Qayyim berkata: ibadah mencakup dua asal; puncaknya cinta serta puncaknya tunduk dan patuh, siapa yang mencintaimu tapi tidak mematuhimu maka ia bukanlah hamba, dan siapa yang tunduk tanpa cinta, iapun tidak disebut hamba sampai ia cinta dan tunduk.
القواعد في العبادة
الأصل في العبادة التوقيف و الإتباع. و بعبارة أخرى: الأصل في العبادة البطلان حتى يقوم دليل على الأمر.
الأصل في العبادة غير معقول المعنى و في العادة معقول المعنى[7]

kaidah-kaidah ibadah
asal pokok dalam ibadah adalah diam dan mengikuti, dengan kata lain, asal pokok dalam ibadah adalah batal sampai ada dalal yang memerintahkannya. asal pokok dalam ibadah tidak dapat dimengerti maknanya, sedangkan asal pokok dalam adat/ kebiasaan dapat dimengerti maknanya. wallahu a'lam bishshawwab




[1] (الذاريات: ٥٦)
[2] (البينة: ە)
[3] مفردات الراغب (٣١٨).
[4] انظر نزهة الأعين النواظر (٤٣١، ٤٣٢).
[5] فتح المجيد (١٨).
[6] مدارج السالكين (١/ ٨ە- ٨٦).
[7]  الهداية: ٢



Tidak ada komentar:

Posting Komentar