صلاة التراويح
الصَّلاَةُ أَصْلُهَا فِي اللُّغَةِ:
الدُّعَاءُ ، لِقَوْلِهِ تَعَالَى: { وَصَل عَلَيْهِمْ[1]}
أَيِ ادْعُ لَهُمْ. وَفِي الاِصْطِلاَحِ: قَال الْجُمْهُورُ: هِيَ أَقْوَالٌ
وَأَفْعَالٌ مُفْتَتَحَةٌ بِالتَّكْبِيرِ مُخْتَتَمَةٌ بِالتَّسْلِيمِ مَعَ
النِّيَّةِ بِشَرَائِطَ مَخْصُوصَةٍ .
Secara
bahasa, makna asal lafadz sholat ialah Ad-Du’aa
(permintaan,permohonan,do’a). Berdasarkan firman Allah SWT وصل عليهم yakni berdoalah
untuk mereka. Adapun secara istilah Jumhur ‘ulama mengatakan perkataan,
dan perbuatan yang dimulai dengan takbir serta di akhiri dengan salam dengan
disertai niat dan syarat-syarat tertentu.
وَالتَّرَاوِيحُ: جَمْعُ تَرْوِيحَةٍ، أَيْ
تَرْوِيحَةٌ لِلنَّفْسِ، أَيِ اسْتِرَاحَةٌ، مِنَ الرَّاحَةِ وَهِيَ زَوَال
الْمَشَقَّةِ وَالتَّعَبِ، وَالتَّرْوِيحَةُ فِي الأصْل اسْمٌ لِلْجِلْسَةِ
مُطْلَقَةً، وَسُمِّيَتِ الْجِلْسَةُ الَّتِي بَعْدَ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ فِي
لَيَالِي رَمَضَانَ بِالتَّرْوِيحَةِ لِلاِسْتِرَاحَةِ، ثُمَّ سُمِّيَتْ كُل
أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ تَرْوِيحَةً مَجَازًا، وَسُمِّيَتْ هَذِهِ الصَّلاَةُ
بِالتَّرَاوِيحِ؛ لأِنَّهُمْ كَانُوا يُطِيلُونَ الْقِيَامَ فِيهَا وَيَجْلِسُونَ
بَعْدَ كُل أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ لِلاِسْتِرَاحَةِ[2]
وَقَدْ
سَنَّ رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلاَةَ التَّرَاوِيحِ
وَرَغَّبَ فِيهَا، فَقَال صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: إِنَّ اللَّهَ فَرَضَ
صِيَامَ رَمَضَانَ عَلَيْكُمْ، وَسَنَنْتُ لَكُمْ قِيَامَهُ[3]
وَرَوَى أَبُو هُرَيْرَةَ - رَضِيَ اللَّهُ تَعَالَى عَنْهُ - قَال: كَانَ رَسُول
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُرَغِّبُ فِي قِيَامِ رَمَضَانَ مِنْ
غَيْرِ أَنْ يَأْمُرَهُمْ فِيهِ بِعَزِيمَةٍ[4]
فَيَقُول: مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا
تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ[5].
Lafadz
Tarawih ialah jama’ dari lafadz tarwiihatan, yaitu
mengistirahatkan tubuh atau istirahat untuk menghilangkan rasa payah dan capek.
Adapun lafadz tarwiihatan pada asalnya merupakan nama untuk duduk secara
sempurna. Dinamai duduk setelah sholat empat raka’at pada malam-malam bulan
Ramadhan dengan lafadz Tarwiihatan dengan maksud untuk beristirahat. Kemudian
dinamai pada setiap empat raka’at itu dengan kata tarwiihatan sebagai
ungkapan majaz (pent. dari jilsah). Oleh karena itu dinamailah sholat ini
dengan lafadz Tarawiih karena mereka berdiri lama ketika sholatnya serta
duduk pada setiap empat raka’at dengan maksud untuk beristirahat.
Bahwasannya
Rasulullah saw telah menetapkan serta menganjurkan sholat terawih. Beliau saw
bersabda: sesungguhnya Allah telah mewajibkan kalian shaum Ramadhan, dan aku
telah memberi contoh kepada kalian mengenai sholatnya. Abu Hurairah r.a
berkata: Rasulullah saw telah menganjurkan untuk mendirikan Sholat Terawih
tanpa mewajibkan kepada mereka dengan bersabda: “Barang siapa mendirikan
Ramadhan dengan penuh keimanan dan keikhlasan maka akan diampuni dosa-dosanya
yang terdahulu.”
تَارِيخُ
مَشْرُوعِيَّةِ صَلاَةِ التَّرَاوِيحِ وَالْجَمَاعَةِ فِيهَا :
رَوَى
الشَّيْخَانِ عَنْ عَائِشَةَ - رَضِيَ اللَّهُ تَعَالَى عَنْهَا -: أَنَّ
النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَرَجَ مِنْ جَوْفِ اللَّيْل
لَيَالِيَ مِنْ رَمَضَانَ وَصَلَّى فِي الْمَسْجِدِ، وَصَلَّى النَّاسُ
بِصَلاَتِهِ، وَتَكَاثَرُوا فَلَمْ يَخْرُجْ إِلَيْهِمْ فِي الرَّابِعَةِ، وَقَال
لَهُمْ: خَشِيتُ أَنْ تُفْرَضَ عَلَيْكُمْ فَتَعْجِزُوا عَنْهَ.
قَال
الْقَلْيُوبِيُّ: هَذَا يُشْعِرُ أَنَّ صَلاَةَ التَّرَاوِيحِ لَمْ تُشْرَعْ
إِلاَّ فِي آخِرِ سِنِي الْهِجْرَةِ لأنَّهُ لَمْ يَرِدْ أَنَّهُ صَلاَّهَا
مَرَّةً ثَانِيَةً وَلاَ وَقَعَ عَنْهَا سُؤَالٌ[6].
وَجَمَعَ
عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ - رَضِيَ اللَّهُ تَعَالَى عَنْهُ - النَّاسَ فِي
التَّرَاوِيحِ عَلَى إِمَامٍ وَاحِدٍ فِي السَّنَةِ الرَّابِعَةَ عَشْرَةَ مِنَ
الْهِجْرَةِ، لِنَحْوِ سَنَتَيْنِ خَلَتَا مِنْ خِلاَفَتِهِ، وَفِي رَمَضَانَ
الثَّانِي مِنْ خِلاَفَتِهِ[7].
Sejarah
Pensyari’atan Sholat Tarawih dan Didirikannya Secara Bersama-Sama
Imam
Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari ‘Aisyah r.a: “Bahwasannya Nabi saw keluar
pada sepertiga malam pada malam-malam Ramadhan dengan sholat di Masjid, lalu
orang-orang sholat mengikuti sholatnya, kemudian bertambah banyak maka Nabi saw
tidak keluar pada malam ke empat. Lalu beliau bersabda:”Aku takut engkau
mewajibkannya lalu kalian merasa lemah karenanya.
Al-Qalyuby
berkata: “Ini mengisyaratkan bahwasannya shalat tarawih tidak lah di
syari’atkan kecuali pada akhir tahun 2 H dikarenakan tidak diriwayatkan
bahwasannya Ia saw sholat tarawih untuk kali kedua serta tidak ada lagi
pertanyaan mengenainya.
Pada
tahun 14 H ‘Umar bin Khaththab r.a mengumpulkan orang-orang untuk melaksanakan
sholat tarawih dengan satu Imam, sekitar setelah dua tahun pada masa
kepemimpinannya dan pada Ramadhan kedua pada masa kepemimpinannya.
عددُ
ركعاتِ التراويح
عَنْ عَائِشَةَ
رَضيَ الله عَنْهَا قَالَتْ: «مَا كَانَ رَسُولُ الله يَزيدُ في رَمَضَانَ وَلا في
غَيْرِهِ عَلَى إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً، يُصَلِّي أَرْبَعَاً فَلا تَسَلْ عَنْ
حُسْنِهِنَّ وَطُولِهنَّ، ثُمَّ يُصَلِّي أَرْبَعَاً فَلا تَسَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ
وَطُولِهنَّ، ثُمَّ يُصَلِّي ثَلاثاً، قَالَتْ عَائشَةُ: فَقُلْتُ: يَا رَسُولَ
الله، أَتَنَامُ قَبْلَ أَنْ تُوتِرَ؟ فَقَالَ: يَا عَائِشَة، إِنَّ عَيْنَيَّ
تَنَامَانِ وَلا يَنَامُ قَلْبي» رواه الشيخان[8]
Bilangan
Raka’at Sholat Tarawih
Dari
‘Aisyah r.a bahwanya ia berkata: “Tidaklah Rasulullah saw menambah serta
mengurangi bilangan sebelas raka’at baik pada bulan Ramadhan maupun pada bulan
yang lainnya. Dia saw sholat 4 raka’at maka janganlah kamu tanyakan mengenai
bagusnya dan panjangnya, kemudian Ia saw sholat 4 raka’at maka janganlah kamu
tanyakan mengenai bagusnya dan panjangnya, lalu dia sholat 3 raka’at. Berkata
‘Aisyah: maka aku berkata: “Wahai Rasulullah apakah engkau tidur sebelum witir?
Maka Beliau menjawab: “Wahai ‘Aisyah sesungguhnya kedua mtaku tertidur namun
hatiku tidaklah tertidur. (H.R Bukhori dan Muslim)
فضلُ
التراويحِ جماعة
عَنْ أَبي ذَرٍ
( قَالَ: » صُمْنَا معَ رَسُولِ صلى الله عليه و سلم رَمَضَانَ فَلَمْ يَقُمْ بنا شَيءٌ
مِنَ الشَّهرِ حَتَّى بَقيَ سَبعٌ فَقَام بنا حتَّى ذَهَبَ ثُلُثُ اللَّيلِ،
فلمَّا كَانتْ السَّادسَةُ لم يَقُم بِنَا، فلمَّا كانت الخَامِسَةُ قام بِنَا
حتَّى ذَهَبَ شطْرُ اللَّيلِ فَقُلتُ: يا رَسُولَ الله، لو نَفَلْتَنَا قِيَامَ
هذهِ اللَّيلةِ، قَالَ: فَقَالَ: إنَّ الرَّجُلَ إذا صَلَّى مَعَ الإِمَامِ حَتَّى
يَنصَرِفَ حُسِبَ له قِيَامُ لَيلَةٍ، قالَ: فلمَّا كانَت الرَّابِعَةُ لم يَقُمْ،
فلمَّا كانت الثَّالثَةُ جَمَعَ أَهْلَهُ ونِسَاءَهُ والنَّاسَ فقَامَ بنَا حتَّى
خَشِينَا أن يَفُوتَنَا الفَلاحُ. قَالَ: قُلتُ: مَا الفَلاحُ؟ قَالَ: السَّحُورُ،
ثمَّ لم يَقُم بنَا بَقِيَّة الشَّهر»[9]
Keutamaan
Sholat Tarawih Secara Berjam’ah
Dari
Abi Dzar r.a telah berkata: “Kami shaum Ramadhan bersama Rasulullah saw lalu
beliau tidaklah berdiri (pent. untuk sholat terawih) dengan pada bulan itu
sampai tersisa tujuh malam, lalu Ia saw pun berdiri (pent. untuk sholat
terawih) bersama kami, selanjutnya ketika malam ke enam terakhir Ia saw
tidaklah berdiri (pent. untuk sholat terawih) bersama kami, lalu ketika malam
ke lima terakhir Beliau Sholat bersama kami sampai habis pertengahan malam.
Kemudian kami berkata: “Wahai Rasulullah mengapa engkau tidak tambahkan kepada sholat Terawih pada
mala ini? Abi Dzar Berkata: “Maka Beliau pun menjawab: Sesungguhnya seorang
laki-laki jika sholat bersama seorang Imam sampai selesai maka akan diberi
ganjaran Sholat malam tersebut baginya. Abi Dzar berkata: maka tatkala malam ke
empat terakhir ia tidak sholat bersama kami, lalu pada malam ketiga terakhir
Beliau saw mengumpulkan keluarganya, istri-istrinya, serta orang-orang
selanjutnya beliau sholat bersama kami sampai kami takut kehilangan al-falaah.
Abi Dzar berkata: “Maka aku bertanya: apa itu al-falaah? Dia menjawab:
“Waktu sahuur”, Kemudian Beliau tidak sholat bersama kami pada malam akhir
bulan tersebut.
[3]حديث : " إن الله فرض صيام رمضان عليكم،
وسننت لكم قيامه " . أخرجه النسائي ( ٤ / ١٥۸ - ط . المكتبة التجارية ) من
حديث عبد الرحمن بن عوف ، وأشار قبلها إلى إعلال هذه الرواية .
[4]المعنى : لا يأمرهم به أمر تحتيم وإلزام وهو
العزيمة ، بل أمر ندب وترغيب فيه بذكر فضله . المجموع ٤ / ٣١ ، الإقناع ١ / ١٠٧،
الترغيب والترهيب ٢ / ٩٠ .
[5]حديث أبي هريرة : " كان رسول الله صلى الله
عليه وسلم يرغب في قيام رمضان " . أخرجه البخاري ( الفتح ٤ / ٢٥٠ - ط السلفية
) ومسلم ( ١ / ٥٢٣ - ط . الحلبي ) .
[7] حاشية العدوي على كفاية الطالب ١ / ٣٥٢ ،
المصابيح في صلاة التراويح للسيوطي ص ٣٧ ، نهاية المحتاج ١ / ١٢٢ .
[9]رواه الأربعة وصححه الترمذي رواه أبوداود ( ١٣٧٥) والترمذي وقال: حسن صحيح (٨٠٦)
والنسائي (٣/ ٣۸) وابن ماجه (١٣٢٧) وأحمد (٥ / ١٦٣) وصححه ابن خزيمة (٢٢٠٥) وابن
حبان (٢٥٤٧).
*Kajian Keilmuan HIMA-HIMI PK UPI 2012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar